Yeba Media Africa - Miracle Rising
Welcome
Login / Register








Bentrok TNI vs Warga

You need to have the Flash Player installed and a browser with JavaScript support.

Thanks! Share it with your friends!

URL

You disliked this video. Thanks for the feedback!

Sorry, only registred users can create playlists.
URL


Published by Anonymous in News
102 Views

Description

Bentrokan ini terjadi Jumat, 6 Juli 2012 di Desa Harjokuncaran, Kec, Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang. Dalam peristiwa ini, sedikitnya 8 warga mengalami luka-luka.
Aksi kekerasan ini dilakukan oleh Zipur V Kepanjen, Kab. Malang.

Insiden berdarah ini dipicu oleh konflik agraria antara warga dengan Puskopad TNI-AD. TNI mengklaim memiliki hak atas kepemilikan perkebunan Tlogorejo seluas 662 hektar yang dikelola oleh Puskopad. Dalam perkebunan itu, dulunya ada pemukiman warga. Namun, pada tahun 1976 warga yang tinggal di sekitar perkebunan tersebut diusur paksa. Lalu, tahun 1981, melalui SK Dirjen Agraria No.190/DJA/1981 perkebunan tersebut ditetapkan sebagai tanah objek land reform yang didistribusikan pada 2.525 Kepala Keluarga (KK) Petani Penggarap. Namun, hingga saat ini tidak ada satu pun warga yang menerima tanah tersebut. Bahkan kampung-kampung mereka justru digusur oleh TNI.

Selama mempertahankan tanah tersebut, sedikitnya 6 petani hilang pada tahun 1986 dan hingga saat ini belum kembali. Berikut nama-nama Warga Desa Harjokuncaran yang hilang:

1. Sutik, Kepala Dusun Margomulyo
2. Jumain, Seorang Tokoh Masyarakat
3. Wage, Seorang Tokoh Masyarakat
4. Poniman, Tokoh Masyarakat
5. Madolah, Tokoh Masyarakat
6. Sujiat, Tokoh Masyarakat

Selain itu, pada 12 Juni 2012, dua orang petani bernama Herman dan Sidi ditahan polisi, dengan tuduhan mengambil bunga cengkeh seberat 3 kg dari tanah sengketa tersebut. Pada 18 Juni 2012, satu orang warga bernama Purwanto ditangkap dengan tuduhan yang sama yakni, mencuri cengkeh seberat 5 kg dari perkebunan Tlogorejo yang disengketakan warga.

Perkebunan Tlogorejo yang saat ini dikuasai oleh Puskopad ditanami jenis tanaman, Cengkeh, Karet, dan Tebu, yang sistem pengelolaannya disewakan pada pihak ketiga oleh puskopad.

Show more

Post your comment

Comments

Be the first to comment
RSS